Monday, August 24, 2020

Memahami Bentuk Penyajian Relasi

Macam-macam Penyajian Bentuk Relasi :

Picture

a. Diagram Panah

Anggota-anggota himpunan berelasi dengan anggota himpunan dengan relasi “menyukai”. Hal tersebut ditunjukkan dengan arah panah. Oleh karena itu, diagramnya disebut diagram panah.

b. Diagram Kartesius

Diagram kartesius merupakan diagram yang terdiri atas sumbu X dan sumbu Y. Pada diagram kartesius, anggota himpunan terletak pada sumbu mendatar (sumbu-X), sedangkan anggota himpunan terletak pada sumbu tegak (sumbu-Y). Relasi yang menghubungkan himpunan dan Q ditunjukkan dengan noktah atau titik sepertiterlihat pada gambar.



c. Himpunan Pasangan Berurutan

Selain menggunakan diagram panah dan kartesius, sebuah relasi yang menghubungkan himpunan yang satu dengan himpunan lainnya dapat disajikan dalam bentuk himpunan pasangan berurutan. Adapun cara penulisannya adalah anggota himpunan ditulis pertama, sedangkan anggota himpunan Q menjadi pasangannya.

Berdasarkan soal di atas, maka diperoleh himpunan pasangan berurutan sebagai berikut.

{(Rani, basket), (Rani, bulu tangkis), (Dian, basket), (Dian, atletik), (Isnie, senam), (Dila, basket), (Dila, tenis meja)}

Contoh soal :
Himpunan = {2, 3, 4, 6} dan = {1,2,3,4,6,8} dan “faktor dari” adalah relasi yang menghubungkan himpunan ke himpunan Q. Nyatakan relasi tersebut dalam bentuk:

a. Diagram panah,

b. Diagram kartesius,

c. Himpunan pasangan berurutan.

Penyelesaian:

a. Diagram Panah

Picture


b. Diagram Kartesius

Picture


c. Himpunan Pasangan Berurutan

{(2, 2), (2, 4), (2, 6), (2, 8), (3, 3), (3, 6), (4, 4), (4, 8), (6, 6)}

VIDEO PENJELASAN (tugas di dalam video):


No comments:

Post a Comment