Monday, February 28, 2022

Pengenalan Lingkaran

Mengenal Lingkaran

Lingkaran merupakan salah satu kurva tutup sederhana yang membagi bidang menjadi dua bagian, yaitu bagian dalam dan bagian luar lingkaran


nama lingkaran biasanya sesuai dengan nama titik pusatnya. pada bambar di atas contoh bentuk lingkaran dengan pusat titip P, bisa disebut lingkaran P. Jarak yang tetap antara titik pada lingkaran dengan pusat lingkaran dinamakan jari-jari, biasanya disimbolkan r.

Unsur-unsur lingkaran

A. Titik pusat = Titik yang menjadi pusat lingkaran yang terletak tepat di tengah lingkaran

Ciri-ciri :
1. berupa titik
2. terletak tepat di tengah-tengah lingkaran

titik merah = titik pusat lingkaran

B. Busur = garis berbentuk melengkung pada tepian lingkaran

Ciri-ciri :
1. Berupa kurva lengkung
2. Berhimpit dengan lingkaran
3. Jika kurang dari setengah lingkaran , <180º disebut busur minor
4. Jika lebih dari setengah lingkaran, > 180º disebut busur mayor
5. Busur setengah lingkaran berukuran sudut pusat = 180º

C. Jari-jari = jarak antara pusat lingkaran dengan titik pada lingkaran

Ciri-ciri

1. Berbentuk ruas garis
2. Merupakan garis yang menghubungkan titik pada lingkaran dengan titik pusat


D. Diameter = garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran melalui titik pusat

Ciri-ciri :
1. Berbentuk ruas garis
2. Menghubungkan dua titik pada lingkaran
3. Melalui titik pusat lingakaran


E. Tali Busur = garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran

Ciri-ciri
1. Berupa ruas garis
2. Menghubungkan dua titik pada lingkaran
3. Tidak melalui titik pusat lingkaran

F. Apotema = garis yang menghubungkan titik pusat dengan tali busur (tegak lurus dengan tali busur)

Ciri-ciri :
1. Berupa ruas garis
2. Menghubungkan titik pusat dengan satu titik di tali busur
3. Tegak lurus dengan tali busur

G. Juring = daerah yang dibatasi oleh busur dan dua jari-jari lingkaran

Ciri-ciri :
1. Berupa daerah di dalam lingkaran
2. Dibatasi oleh dua jari-jari dan satu busur lingkaran
3. Jari-jari yang membatasi memuat titik ujung busur lingkaran

H. Tembereng = daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur

Ciri-ciri :
1. Berupa daerah di dalam lingkaran
2. Dibatasi oleh talo busur dan busur lingkaran


I. Sudut pusat = sudut pada pusat lingkaran

Ciri-ciri
1. Terbentuk dari dua kaki sudut
2. Kaki sudut berhimpit dengan jari-jari lingkaran
3. Titik sudut berhimpit dengan titik pusat lingkaran

Catatan : untuk istilah busur, juring, tembereng, maupun sudut jika tidak disebutkan secara spesifik minor atau mayor maka kita sepakati minor

38 comments:

  1. assalamu'alaikum saya nur Alifa Lailatun Najm dari kelas 8i
    pertanyaan saya adalah: apa fungsi tembereng,juring,apotema,dan tali busur?

    ReplyDelete
  2. assalamu'alaikum, saya Muhamad Arif Fauzi dari kelas 8I
    pertanyaan saya adalah : apa sajakah rumus rumus yang berkaitan dengan lingkaran?

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum,saya denra dari kelas 8 i
    Pertanyaan:apakah ada simbol lain selain p itu lingkaran & r itu jari jari?

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaikum, saya Muhamad Rico Alfian.S dari kelas 8I
    pertanyaan saya adalah : kenapa untuk istilah busur, juring, tembereng, maupun sudut jika tidak disebutkan secara spesifik minor atau mayor maka kita disepakati minor?

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum,saya ain nurropik kelas 8F.
    Bagaimana cara mengetahui besar busur lingkarang?

    ReplyDelete
  6. Assalmualikum,saya AthiraZachra Khaerunnisa dari kelas 8H
    gimana cara menghitung seluruh busur lingakaran?

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum pak, saya Qori Ayatul Husna kelas 8H mau nanya rumus menghitung keseluruhan lingkaran itu apa?

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum pak,saya SONY PUTRA SAIFULRAHMAN kelas 8F,mau bertanya kalau untuk menarik garis tali busur itu sudah di tentukan titik titiknya atau kita mencari sendiri

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum,saya isma siti aliyah kelas 8G pertanyaan saya adalah:
    bagaimana cara mengetahui besar busur lingkaran?

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum saya succi putri dari kls.8H yang ingin saya tanyakan adalah: Bagaimana cara menghitung diameter lingkaran?

    ReplyDelete
  11. Asslamualaikum pak,saya cinta Aulia dari kelas 8e ingin bertanya,bagaimana cara mencari rumus lingkaran apabila ditanyakan besar keseluruhan lingkaran

    ReplyDelete
  12. assalammualaikum nama saya Ria retno liani kls 8h per Tanya an sayah bagai manager cara mengetahuibesar busur lingkaran jari_jari ituh?

    ReplyDelete
  13. Asalamualaikum Saya M. Guntur Rifa i Kls 8H saya mau bertanya apakah dari semua lingkaran Ada Rumusnya Apabila Ada rumus nya bagaimana Cara mencari Rumus Lingkaran Nya

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum saya Nagita silvia dari kelas 8i
    Pertanyaan saya adalah:Bagaimana hubungan antara titik pusat jari jari dan busur pada lingkaran

    ReplyDelete
  15. assalamualaikum,saya Faisal Ramadhan dari 8i
    Pertanyaan:kenapa untuk istilah busur,juring,tembereng,maupun sudut jika tidak disebut secara spesifik minor atau mayor maka kenapa disepakati untuk menjadi minor?

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum saya friesha Natali dari kelas 8i
    Pertanyaan saya adalah: bagaimana cara mengetahui rumus besar lingkaran?

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum,saya Triana Novi Tasya Kurnia kls 8F
    Pertanyaan saya adalah:bagaimana cara mengetahui rumus lingkaran?

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum saya Fauzan dahr Fadilah Kurniawan dari kelas 8H pertanyaan saya adalah bagaimana cara mengetahui membatasi titik ujung lingkaran

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum..saya Aldi Moch.Nuzriyan dari kelas 8H
    Pertanyaan:berapa jumlah simetri lipat lingkaran?

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum, pak saya siska dwi khairunnisa dari kelas 8E, ingin bertanya apa hubungannya antara busur minor dengan busur mayor? terimakasih..

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum saya Sandra Aulia kelas 8H
    Pertanyaan saya adalah:Apa rumus tembereng?

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum saya dari kelas8D Lulu asyifa
    Pertanyaan saya:apa rumus lingkaran,dan bagaimana agar kita bisa mengetahui rumus lingkaran?

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum, saya Ghinaa aufaa mumtaaz ingin menanyakan apa yg di maksud mayor dan minor, bagaimana cara menghitung nya?? terimakasih

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum, saya Najwa Safitri dari kelas 8D izin bertanya.. apa rumus luas diameter lingkaran?

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum bu,, saya Jeisya putri kelas 8D izin bertanya,
    Apa busur minor dan busur mayor sama sama lancip? Apa hubungan antara busur minor dan busur mayor?

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum,saya Muhammad Malik Mardiansyah dari kelas 8c
    Pertanyaan:Apa rumus dari lingkaran dan bagaimana cara menghitungnya?

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum saya Sephia Rizki Nurramadhani Kelas 8D Mau Bertanya,apa Yang di maksud Juring dan tembereng dan apa rumusnya ?

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum saya Dita yuanita agustin kela8D izin bertanya apa rumus dari lingkaran

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum , saya indah juliantina dari kelas 8A
    Pertanyaan : ada berapakah rumus lingkaran ? Apakah hanya mencari luas dan keliling nya saja, Dan bagaimana rumus nya ?

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum saya Febrian Yudistira kls 8i:saya ingin bertanya apa titik sudut berhimpit?dan satu titik di tali busur ?

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum saya Nabil Nabhani kelas 8E mau bertanya bagaimana cara mengetahui rumus lingkaran?

    ReplyDelete
  32. Replies
    1. . Assalamualaikum,saya citra Amelia putri_8C
      Pertanyaan:apa rumus lingkaran?dan bagaimana caranya agar kita bisa
      Menemukan rumus lingkaran

      Delete
  33. Assalamualaikum saya Salman Gustav As'ary kelas 8A mau bertanya, bagaimana cara mencari rumus keliling dan cara mengerjakannya?

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum saya Melisa Handayani dari kelas 8D
    Mau bertanya : bagaimana cara mengetahui rumus besar lingkaran ?

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaikum saya Fitria anggraeni dari kelas 8h
    pertanyaan saya adalah: apa fungsi tembereng,juring,apotema,dan tali busur?

    ReplyDelete
  36. Asalamualaikum saya Rahma anisa 8b
    Pertanyaan saya adalah;bagaimana cara mengetahui rumus
    Besar lingkaran?

    ReplyDelete
  37. Asalamualaikum saya dengan Ani 8H :Bagaimana cara mengetahui rumus besar ny lingkaran ?

    ReplyDelete