Sunday, February 5, 2017

KELILING POLIGON

Cara Mencari Keliling Daerah Poligon
Pada geometri, istilah "keliling" biasanya mengacu pada total jarak di sekeliling bagian luar poligon, yaitu bentuk 2 dimensi yang memiliki 3 atau lebih sisi dan sudut. Dengan kata lain, keliling suatu bentuk adalah jumlah dari panjang semua sisi-sisinya. Kemudahan mencari keliling suatu bentuk tergantung pada beberapa faktor - misalnya, apakah poligon berbentuk poligon biasa (poligon yang semua sisi dan sudutnya sama), atau jika tidak, apakah semua panjang sisinya diketahui. Jika tak satu pun dari kondisi ini dipenuhi, kesulitan mencari keliling bentuk tergantung pada seberapa banyak informasi pada bentuk diketahui.
Langkah:
1
Carilah dan tambahkan panjang semua sisi poligon. Keliling setiap poligon dapat dihitung dengan mencari panjang setiap sisinya, lalu menambahkan semua panjangnya bersama-sama. Ini adalah cara yang paling mudah untuk mencari keliling poligon, dan dalam bentuk yang tidak ada dua sisinya yang sama, biasanya ini satu-satunya cara yang akurat.


Sebagai contoh sederhana, sebuah poligon tidak beraturan dengan panjang sisi 5, 5, 4, 3, dan 3, akan memiliki keliling 5 + 5 + 4 + 3 + 3 = 20
Jika salah satu atau lebih dari panjang sisi poligon tidak diketahui, proses perhitungan keliling dapat menjadi sulit dan mungkin memerlukan pengetahuan geometri yang lebih maju. Misalnya jika poligon berbentuk segitiga siku-siku (atau dapat dibagi menjadi segitiga siku-siku), trigonometri dapat menjadi alat yang berguna untuk mencari panjang sisi yang tak diketahui dan menyulitkan dalam mencari keliling bentuk itu sendiri.

2
Kalikan panjang sisi yang sama dengan jumlah sisi yang sama. Sebagian jenis poligon memiliki dua atau lebih sisi yang sama. Misalnya, segitiga sama kaki dan trapesium sama kaki memiliki 2 sisi yang sama panjang, sedangkan jajaran genjang dan persegi panjang memiliki 2 pasang sisi berlawanan dengan panjang yang sama. Dalam hal ini, jika panjang salah satu sisi yang sama diketahui, Anda dapat mengalikan panjang ini dengan jumlah sisi yang panjangnya sama, kemudian menambahkan panjang setiap sisi yang tidak sama panjang untuk mencari kelilingnya.


Sebagai contoh, kita anggap sebuah segitiga sama kaki memiliki dua sisi dengan panjang 5 inci dan satu sisi dengan panjang 4 inci. Untuk mencari kelilingnya, kita mengambil panjang sisi yang sama (5) dan mengalikannya dengan jumlah sisi yang sama (2), kemudian ditambahkan dengan panjang sisi yang tidak sama. (5 × 2) + 4 = 10 + 4 = 14 inci.
Sebagai contoh bentuk yang memiliki beberapa pasang sisi yang sama, kita anggap sebuah jajaran genjang memiliki 2 sisi yang panjangnya 5 inci, dan 2 sisi yang panjangnya 4 inci. Untuk mencari kelilingnya, kalikan panjang sisi lebih panjang dengan dua, kalikan panjang sisi lebih pendek dengan dua, lalu tambahkan hasilnya. (2 × 5) + (2 × 4) = 10 + 8 = 18 inci.
Perhatikan bahwa cara ini juga dapat digunakan untuk bentuk kotak dan belah ketupat, yang bersama-sama dengan persegi panjang merupakan bentuk khusus dari jajaran genjang.

3
Kalikan sisi panjang poligon reguler dengan jumlah sisinya. Poligon yang semua sisinya sama panjang dan yang semua sudutnya berukuran sama disebut poligon reguler. Misalnya, kotak dan segitiga sama sisi adalah poligon reguler, sama seperti segilima sempurna (seperti pada logo Chrysler) dan oktagon (seperti pada rambu berhenti). Jika bentuknya adalah poligon beraturan, keliling dapat dicari dengan mengalikan panjang satu sisi dengan jumlah sisi pada bentuknya.


Misalnya, keliling persegi sempurna yang panjang sisinya 4 inci adalah 4 × 4 (karena persegi memiliki 4 sisi), atau 16 inci, sedangkan keliling segitiga sama sisi dengan panjang sisi 4 inci adalah 4 × 3, atau 12 inci.
Proses dasar yang sama ini juga digunakan untuk poligon non-reguler yang semua sisinya memiliki panjang sama. Misalnya, meskipun belah ketupat bukanlah poligon beraturan karena sudutnya tidak berukuran sama, kelilingnya dapat dicari dengan mengalikan panjang satu sisi dengan jumlah sisinya, karena keempat sisinya yang sama panjang.

4
Atau, gunakan luas dan apotema poligon reguler untuk mencari kelilingnya. Meskipun mengalikan panjang satu sisi poligon reguler dengan jumlah sisi poligon adalah cara termudah untuk mencari keliling, ini bukanlah satu-satunya cara. Jarak dari pusat poligon ke tepat bagian tengahnya salah satu sisinya, yang disebut dengan apotema, merupakan bagian dari rumus untuk mencari keliling, asalkan luas poligon diketahui. Masukkan nilai luas dan apotema tersebut ke dalam rumus (Luas) = (Keliling) × (Apotema)/2 untuk mencari keliling suatu poligon.

Misalnya, persegi dengan panjang sisi 4 inci dalam contoh di atas memiliki luas 16 inci 2 dan apotema 2 inci. Gunakan rumus baru untuk mencari keliling sebagai berikut:
16 = (keliling) × 2/2
16 = (keliling) × 1
16 = keliling. Keliling persegi adalah 16 inci - ini adalah jawaban yang sama seperti cara standar.

Sumber: http://id.wikihow.com/Mencari-Keliling-Poligon

bila masih belum paham silahkan lihat video berikut:

setelah menyimak penjelasan tadi silahkan untuk mengikuti kuis di SINI

7 comments: